Kenyataannya sampai saat ini, internet merupakan suatu alat yang digunakan sebagai media untuk berhubungan dengan khalayak publik. Internet sangat memiliki dampak dan pengaruh yang besar pada bagaimana fungsi profesionalPublic Relations (PR). Seperti akhir-akhir ini, media sosial online mengubah wajah PR sehingga terdapat suatu perspektif, paradigma dan kekuatan yang baru bagi seorang PR dalam melaksanakan fungsi dan tugas profesionalPublic Relations.
Public Relations di masa depan tentunya akan tergantung kepada keterampilan memanfaatkan web dan media sosial online lainnya seperti facebook, twitter, friendster, flickr, blog dan pemanfaatannya dalam jurnalis akan menjadi media paling efektif dalam menyampaikan suatu pesan-pesan PR.
Profesional PR sekarang sedang bereksperimen dan dengan saluran distribusi baru yaitu memanfaatkan web dan media sosial online untuk dijadikan sebagai media yang paling efektif dalam menyampaikan, memberitahukan dan mempromosikan suatu pesan-pesan PR serta mempengaruhi cara pandang khalayak publik. Saluran baru tersebut sangat cocok dengan kebutuhan PR di zaman modern dimana masyarakat semakin cerdas, dewasa, berkembang dan maju tentunya akan membuat tugas dan fungsi profesional PR harus semakin benar-benar memahami teknologi klien, model bisnis, pelayanan dan tentunya masih banyak lagi. Semua itu lebih tentang profesional PR menjadi profesional PR yang lebih baik dan pemahaman bisnis klien mereka.
Tidak peduli dimana alat-alat profesional PR digunakan untuk berhubungan dengan orang-orang media, faktor paling penting adalah faktor manusia. PR dan media sosial keduanya tentang menciptakan dan mengembangkan hubungan. Para ahli PR setuju dan menunjukkan fakta bahwa hubungan pribadi akan terus mendorong ikatan antara media sosial dan PR.
Melihat diatas lima tahun, PR tidak akan bisa lagi diandalkan atas setiap kontrol terhadap pesan tapi lebih didasarkan kepada pentingnya partisipasi dalam sebuah dialog atau diskusi yang berjalan dalam jaringan-jaringan komunitas di dunia. Kesadaran terhadap peluang baru PR di masa depan perlu dikembangkan dengan memperhatikan perkembangan komunitas pengamat industri melalui media sosial online. Jika tidak dan seorang PR lemah dalam memperhatikan peluang, perkembangan dan partisipasi yang ada di komunitas dunia maka tugas dan fungsi profesional PR tidak akan berjalan secara efektif dan PR akan dipandang tidak memiliki kemampuan dalam memenuhi kebutuhan publik secara terkini sehingga itu akan mengakibatkan citra dari suatu perusahaan menjadi negative atau adanya penurunan kinerja dalam menjalankan tugas dan fungsi sebagai profesional PR.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar